iuran wajib komite sekolah

Facebook Twitter Google Plus Whatsapp

di sekolah anak saya SDTQ Annur caman diwajibkan membayar iuran komite sebesar 50 ribu per bulan. apakah ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 10? apabila tidak apa yang harus orang tua murid lakukan?

  • Dinas Pendidikan

    Dalam Permendikbud ini disebutkan, Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana, dan prasarana, serta pengawasan pendidikan. ?Penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya berbentuk bantuan dan/atau sumbangan, bukan pungutan,? bunyi Pasal 10 ayat (2) Permendikbud ini. Namun ditegaskan dalam Permendikbud ini, bahwa Komite Sekolah harus membuat proposal yang diketahui oleh Sekolah sebelum melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat. Selain itu, hasil penggalangan dana harus dibukukan pada rekening bersama antara Komite Sekolah dan Sekolah. Hasil penggalangan dana tersebut dapat digunakan antara lain: a. Menutupi kekurangan biaya satuan pendidikan; b. Pembiayaan program/kegiatan terkait peningkatan mutu sekolah yang tidak dianggarkan; c. Pengembangan sarana/prasarana; dan d. Pembiayaan kegiatan operasional Komite Sekolah dilakukan secara wajar dan dapat dipertanggung jawabkan. Sementara penggunanaan hasil penggalangan dana oleh Sekolah harus: a. Mendapat persetujuan dari Komite Sekolah; b. Dipertanggungjawabkan secara transparan; dan c. Dilaporkan kepada Komite Sekolah. ?Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,? bunyi Pasal 16 Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 yang telah diundangkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM Widodo Ekatjahjana pada 30 Desember 2016. Sumber: https://setkab.go.id/permendikbud-nomor-75-tahun-2016-komite-sekolah-boleh-galang-dana/ Orang tua siswa dapat meminta penjelasan kepada ketua komite terkait iuran komite tersebut.

    2019-09-20 19:07:17

  • Adm POT

    Kami akan segera menindaklanjuti Pengaduan Anda Kepada Dinas terkait dan akan menjawab serta menyelesaikan Pengaduan Anda.Terima Kasih

    2019-09-17 14:39:52